Gallery

Sunat Pada Pria Dewasa

Tidak ada kata terlambat, akhir-akhir ini cukup banyak pria dewasa yang melakukan sunat. Dikarenakan semakin tingginya kesadaran akan higienisme perorangan terutama pada daerah penis, sehingga membuat salah satu prosedur operasi kecil ini semakin digemari oleh semua kalangan tanpa memandang sunat sebagai salah satu bentuk kegiatan keagamaan atau budaya di Indonesia.
sunat.jpg
Sejarahnya di Mesir dilakukan sunat pada orang dewasa

Sunat pada dewasa cenderung dilakukan di Indonesia karena beberapa faktor diantaranya adalah: keinginan sendiri atas kesadaran higienisme, keinginan pihak istri yang atau syarat sebelum nikah, infeksi atau beberapa jenis penyakit pada daerah penis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin melakukan sunat pada umur dewasa di bawah ini:

1. Pastikan Anda dalam keadaan sehat, tidak menderita penyakit yang menyebabkan kontradiksi pada saat dilakukan operasi sunat: hemofilia (penyakit perdarahan sukar sembuh) atau hipospadia.

25292_1160722397399_1807993527_306105_4908132_a.jpg
Hipospadia dimana lubang kencing terdapat di bagian bawah penis

2. Sebaiknya sunat pada dewasa dilakukan oleh tenaga dokter, lebih baik lagi menggunakan jasa dokter spesialis bedah. Dikarekanakan penis pada orang dewasa memiliki pembuluh darah yang besar sehingga kemungkinan perdarahan dapat terjadi dan membutuhkan tenaga yang lebih ahli.

3. Masalah pembiusan untuk sunat pada orang dewasa bisa dipilihkan berupa bius lokal yaitu dengan menggunakan obat bius yang disuntikkan pada daerah sekitar penis yang akan dilakukan operasi atau dengan menggunakan bius umum di ruang operasi. Mengingat bius umum yang dilakukan membutuhkan jasa dokter anestesi dan harga obat biusnya yang relatif mahal sehingga jasa medisnya pun bisa dengan harga diatas 1 juta Rupiah.

4. Teknik sunat yang digunakan pada dewasa yang terbaik adalah menggunakan teknik sunat yang konvensional. Beberapa ahli bedah berpendapat, tidak dianjurkan menggunakan teknik sunat laser atau menggunakan cauter pada dewasa.

5. Kemungkinan yang terjadi pada sunat dewasa adalah: perdarahan dan nyeri. Namun hal tersebut dapat ditanggulangi dengan menghubungi kembali dokter yang melakukan sunat. Rasa sakit dapat ditanggulangi dengan pemberian obat-obatan jenis analgetik yang dapat diresepkan oleh dokter operator. Penyembuhan paska sunat pada dewasa cenderung tidak secepat pada anak-anak, untuk itu diperlukan kontrol yang baik dari pasien ke dokter.

Ditulis oleh:
Mohammad Caesario

Sumber:
1. Brown, M.S.; C.A. Brown (August 1987). \”Circumcision decision: prominence of social concerns\”. Pediatrics 80 (2): 215–219
2. http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?tool=pmcentrez&artid=1744763
3. Richters, J; et al. (2006). \”Circumcision in Australia: prevalence and effects on sexual health\”. Int J STD AIDS 17 (8): 547–554

sumber: http://www.medicalera.com

By pondoksunat Posted in Sunat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s